Selamat Datang

Bintang

Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Tokoh Islam Kesohor Sepanjang Sejarah

tokoh islam SIAPA saja tokoh muslim yang berpengaruh di dunia? Berikut profil singkat mereka yang berprofesi ilmuwan, para penyebar agama dan para pemimpin perang. Karena sepakterjangnya berguna untuk umat manusia di dunia, mereka dikenang selama hidupnya di dunia Islam.
Ibnu Sina
Ibnu Sina di wilayah barat juga dikenal dengan nama Avicenna, beliau adalah ilmuwan muslim yang sangat populer di seluruh dunia. Penemuan yang ditemukan olehnya adalah tentang ilmu kedokteran yang kemudian oleh orang barat dikembangkan.
Al Khawarizmi
Al Khawarizmi adalah seorang ahli matematika yang sangat terkenal diseluruh dunia. penemuan paling menakjubkannya adalah tentang rumus matematika yang dimana rumus itu sering menggunakan cara huruf dikalikan dengan angka atau yang biasa disebut dengan Aljabar. Kini penemuan beliau telah menjadi rumus pokok dalam matematika di seluruh dunia.
Al Razi
Ingin tahu siapa bapak kimia pertama kali di dunia. Dia adalah Al Razi, ilmuwan Islam yang sangat menguasai ilmu kimia, Meskipun dia dijuluki bapak kimia umat muslim tetapi dia juga tidak hanya pintar dalam hal kimia bahkan dia juga pintar dalam ilmu matematika, kesastraan, dan kedokteran. Beliau juga pernah memimpin sebuah rumah sakit yang bernama Muqtadari di Baghdad.
Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd juga biasa dikenal orang barat dengan nama Averrous. Beliau lahir di Andalusia atau yang biasa orang sebut dengan nama Spanyol. Beliau berasal dari keluarga kehakiman, tetapi memiliki bakat di bidang ilmu hukum, matematika, filsafat dan kedokteran. Ibnu Rusyd adalah ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia, karena beliau tidak hanya terkenal di Timur Tengah saja tetapi juga dikenal di benua Eropa.
Al Kindi
Al Kindi adalah ahli filsuf pertama di dunia Islam tetapi juaga memiliki bakat yang banyak sekali diantaranya geometri, astrologi, musik, astronomi, fisika, medis, psikologi, meteorologi dan politik.Al Kindi juga mengumpulkan karya filsafat secara ensiklopedis yang kemudian dikembangkan oleh ibnu sina.
Genghis Khan
Genghis Khan adalah seorang ksatria Mongol yang memiliki keberanian, kecerdasan, dan kekuatan. Genghis Khan juga memiliki pasukan militer yang kuat. Dia bersama pasukan militernya berhasil menaklukkan hampir seluruh benua Asia. Tetapi karena kekalahannya oleh para umat Islam, Genghis Khan menjadi seorang mualaf dan juga menjadi penyebar agama Islam di daerah Asia Timur, bahkan misinya itu diteruskan oleh cucunya yang bernama Kubilai Khan.
Saladin
Salahuddin Ayyubi atau biasa dikenal dengan nama Saladin adalah seorang panglima perang umat Islam yang sangat terkenal. Di saat umat muslim mengalami kekalahan setelah berperang di Andalusia atau yang biasa orang kenal dengan nama Spanyol, Saladin maju sebagai panglima perang di Perang Salib. Tetapi di masa kepemimpinannya umat muslim memulai masa kejayaan yang baru setelah beliau berhasil mengalahkan pemimpin nasrani yang bernama Richard, dan Saladin telah berhasil menakklukan kota Istanbul Turki, dan kini kota Istanbul telah menjadi kota Islam yang paling maju.
Koresh Agung
Koresh Agung juga biasa orang barat kenal dengan nama Cyrus The Great. Awalnya beliau adalah pejabat rendahan di Iran, Tetapi kemudian menjadi seorang panglima perang. Beliau berhasil menaklukkan daerah Timur Tengah seperti Media, India, Babilonia, Lydia hingga Laut Tengah.
Iskandar Agung
Iskandar Agung juga biasa dikenal orang Barat dengan nama Alexander The Great. Beliau adalah seorang raja Macedonia dan pemimpin perang yang memiliki keberanian dan kecerdasan yang sangat tinggi. Wilayah kekuasaannya pun juga sangat luas bahkan hampir seluruh benua Asia dan Eropa takkluk olehnya. Dia merupakan tokoh yang selalu dikenal sepanjang masa.
Laksamana Cheng Ho
Laksamana Cheng Ho merupakan warga China yang beragama Islam. Beliau sangat prihatin dengan China yang menganut sistem komunis dalam politik. Akhirnya dia memutuskan untuk pergi dari China dan menuju ke Indonesia. Meskipun bukan berasal dari negara muslim tetapi Laksamana Cheng Ho lah yang menyebarkan agam islam pertama kali di Indonesia, Tak heran apabila namanya di abadikan di sebuah masjid di Jawa Timur.
Sumber: http://www.harianterbit.com/2012/09/07/tokoh-islam-kesohor-sepanjang-sejarah/

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com